Home » » Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android

Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android


Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android
Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android - Android kini telah menjadi gadget sejuta umat yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna Smrat phone. Selain memiliki banyak kelebihan dengan sistem yang Open Source, Banyak pula Aplikasi yang disediakan oleh para pengembang untuk mendukung kinerja atau hanya sekedar mempercantik tampilan Android.

Seperti yang kita ketahui bahwa RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang fungsinya menyimpan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan mengirim data penting yang di butuhkan oleh prosesor secara cepat dan di proses menjadi informasi. Sebagai contoh ketika anda membuka sebuah aplikasi misalnya BBM pada smartphone anda, maka prosesor akan membuka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan memory internal dan kemudian meload ke RAM. Bisa di katakan RAM adalah memory untuk menempatkan aplikasi yang sedang di jalankan. 


Kenapa aplikasi yang sedang di jalankan harus di tempatkan pada RAM? karena agar bisa di proses dengan cepat oleh prosesor. prosesor memiliki kemampuan memproses data dengan cepat dan biasanya tempat penyimpanan memori internal dalam mengirim data tidak bisa mengimbangi kecepatan prosesor, maka dari itu diperlukanlah sebuah memory RAM sebagai perantara.

Beberapa gadget Smart phone memiliki kapasitas RAM yang berbeda. Semakin besar kapasitas RAM anda, semakin lancar pula gadget anda memproses perintah dan data aplikasi yang anda gunakan. Namun yang menjadi masalah adalah RAM gadget adalah terbatas. katakanlah RAM anda sebesar 512 MB dan anda menggunakan beberapa Aplikasi yang cukup memberatkan RAM anda semisal BBM, WhatsApp,WeChat, Line, Facebook, Twitter, Path serta Launcher, tentunya RAM anda tak akan kuat menampung semua data aplikasi yang berjalan tersebut sehingga kapasitas RAM anda menjadi penuh yang dapat menyebabkan Force Close pada Aplikasi serta leletnya kinerja Gadget anda.

Lalu bagaimana cara agar kapasitas RAM gadget android kita tidak penuh? ada beberapa cara yang dapat anda gunakan, salah satunya adalah dengan melakukan Swap memory (Baca juga : Cara Menambah Kapasitas Ram Android) dan menggunakan aplikasi GREENIFY. Aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh Android yang telah di ROOT ini berguna untuk meng-hibernasi aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting. Seperti yang kita ketahui bahwa hibernasi memiliki arti tidur panjang. Cara kerjanya adalah menidurkan Aplikasi yang telah anda pilih untuk di tidurkan sementara. Aplikasi tersebut tidak akan berjalan sehingga tidak membebani RAM anda hingga anda membangunkan aplikasi tersebut. berikut kami jelaskan cara menggunakan Aplikasi Greenify :
  1. Download Aplikasi Greenify di Play store. klik disini.
  2. Buka dan jalankan Aplikasi tersebut 
  3. Pilih Aplikasi yang akan anda pilih untuk anda hibernasi dengan memilih tanda + yang ada dibagian bawah menu 
    Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android
  4. Pilih aplikasi yang anda pilih dengan meng-klik pada aplikasi tersebut. sebagai contoh, saya akan menghibernasi BBM. setelah itu pilih tanda centang yang ada di bagian atas. dalam tahap ini anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus. 
    Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android
  5. Klik kembali aplikasi yang akan anda hibernasi, setelah itu pilih Zzz yang ada dibagian bawah.  
    Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android
Setelah anda melakukan cara-cara diatas, maka saya telah melakukan hibernasi terhadap BBM saya. Dalam pemilihan aplikasi, saya sarankan untuk tidak melakukan hibernasi terhadap Aplikasi yang diperlukan untuk berkomunikasi seperti BBM, WhatsApp dan sebagainya karena dapat mengakibatkan pesan yang terkirim kepada anda tidak dapat masuk atau pending dikarenakan Pemberitahuan dari aplikasi tersebut tidak berfungsi karena dihibernasi. 
Pesan yang terkirim akan masuk saat anda membuka Aplikasi tersebut, karena dengan membuka atau menjalankan Aplikasi yang telah anda hibernasi sama saja dengan membangunkan Aplikasi tersebut dan membuatnya berjalan kembali. Oleh karena itu apabila anda membuka atau menjalankan (membangunkan) kembali Aplikasi yang anda hibernasi, saya sarankan untuk kembali melakukan hibernasi dengan meng-klik ikon Zzz di aplikasi Greenify anda. Atau untuk mempermudah, anda dapat menambahkan Shortcut aplikasi Greenify ini di homescreen anda sehingga anda hanya perlu melakukan klik di shortcut tersebut tanpa perlu keluar-masuk Aplikasi Greenify.

Itulah ulasan artikel mengenai Greenify, Aplikasi Penghemat RAM Android, semoga dapat membantu anda yang memiliki masalah dalam kapasitas RAM android anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.