Home » » Pengertian Satuan mAh Pada Baterai

Pengertian Satuan mAh Pada Baterai

Pengertian Satuan mAh Pada Baterai
Pengertian Satuan mAh Pada Baterai - Bagi para pengguna gadget atau perangkat elektronik yang menggunakan baterai, tentunya komponen yang satu ini sangatlah penting mengingat komponen ini adalah sumber tenaga dari perangkat tersebut. Baterai atau Battery ialah suatu alat yang mampu merubah energi kimia yang disimpannya menjadi energi Listrik sehingga dapat digunakan untuk menghidupkan atau menggerakkan perangkat Elektronik. Hampir seluruh perangkat elektronik yang dapat kita bawa seperti Handphone, Laptop, Senter, ataupun Remote menggunakan tenaga baterai sebagai sumber energinya.

Pada baterai sendiri satuan yang dapat menjadi acuan untuk mengetahui besarnya daya baterai tersebut adalah mAh (miliAmpere hours). Ampere adalah satuan arus listrik, di mana jumlah arus sama dengan jumlah muatan listrik per detik. Arus listrik sebesar 1 ampere berarti setiap detik ada 1 muatan listrik yang mengalir. Sedangkan 1 miliampere sama dengan 1/1000 ampere. 

Gadget dan alat elektronik lainnya, menggunakan arus listrik sekian miliampere sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan layar, tombol, dan lain-lain. Jika perangkat elektronik tersebut menggunakan baterai dengan kapasitas 1000 mAh, dan rangkaian elektronik di dalam perangkat tersebut menghabiskan arus listrik sebesar 500 mA agar dapat bekerja maksimal, maka baterai tersebut hanya bertahan selama 2 jam (1000 mAh : 500 mA = 2 jam). Namun jika kapasitas baterai tersebut turun (drop) hingga 500 mAh dikarenakan pemakaian sedangkan konsumsi listriknya tetap 500 mA dan baterai tersebut hanya mampu bertahan 1 jam, penurunan angka mAh baterai dari angka aslinya berarti baterai lebih cepat habis. Jika penurunan angka itu mencapai 50% atau setengah dari aslinya, sangat disarankan untuk segera mengganti baterai.
Untuk Update berita terbaru dari kami, Follow Channel BBM kami di C00255889
Itulah informasi mengenai Pengertian mAh Pada Baterai yang dapat kami berikan kepada pembaca sekalian, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.