Home » , » Cara Menambah Kapasitas Ram Android

Cara Menambah Kapasitas Ram Android

Tips Menambah Kapasitas Ram Android
Cara Menambah Kapasitas Ram Android - Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Tips Menambah Kapasitas Ram Android, Saya akan menjelaskan bahwa Arti dari Menambah Kapasitas Ram disini bukanlah memperbesar atau menambahkan Ram anda. Perlu di ingat bahwa Ram pada Gadget Smartphone tidaklah dapat di upgrade. Anda tidak bisa menambah Kapasitas Ram anda, misalnya Ram Anda yang semula hanya 512 Mb tidak bisa diperluas Menjadi 1 Gb.
Lantas apa yang dimaksud dengan Menambah Kapasitas Ram? Maksud menambah Kapasitas Ram disini adalah dengan menggunakan bantuan dari kartu memori atau biasa disebut dengan SD Card. Dengan cara ini  SD Card akan membantu kinerja Ram yang ada di gadget anda yang tentu akan meminimalisir terjadinya Lemot atau Lag. Trik ini biasa disebut dengan SWAP RAM FILE. Trik ini hanya dapat dilakukan apabila Gadget anda telah di ROOT . Bagaimana cara melakukan trik ini dan apa saja yang dibutuhkan? 
  • Ram Manager Pro
Tips Menambah Kapasitas Ram Android

Aplikasi ini Wajib anda miliki bagi anda yang memiliki Android sudah dalam kondisi Root. Aplikasi ini berguna untuk mengatur kinerja Andoid anda sesuai dengan Profil yang disediakan. Anda hanya perlu memilih profil yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan Android Anda. Berikut penjelasan tentang pilihan Profil dan beberapa menu yang ada di Aplikasi tersebut:
Tips Menambah Kapasitas Ram Android
  1. Balance – Opsi yang membuat RAM Anda ke Performa terbaik, pilihan ini untuk penggunaan sehari-hari. Gunakan opsi ini bila Anda ingin memiliki ponsel cepat, namun dapat dikatakan ini adalah opsi Standard.
  2. More memory free – Pilihan ini hampir sama dengan Balance, tetapi opsi ini menguntungkan bagi anda pengguna Android yang memiliki RAM lebih dari 512 MB​​. Pilihan ini memberi Anda lebih banyak memori tapi sedikit mengurangi kinerja multitasking.
  3. More multitasking – Pilihan ini hampir sama dengan Balance, tetapi opsi ini menguntungkan bagi anda pengguna Android yang memiliki RAM kurang dari 512 MB​​. Pilihan ini memberi Anda kenyamanan untuk melakukan beberapa multitasking, namun cukup menyita RAM anda.
  4. Hard game – Opsi yang menstabilkan RAM Anda untuk bermain game. Gunakan opsi ini untuk permainan yang cukup memberatkan Android Anda. Permainan Anda akan berjalan mulus tanpa lag.
  5. Hard multitasking – Opsi untuk anda yang benar-benar menggunakan banyak Multitasking pada Android anda. Anda dapat menjalankan banyak aplikasi dan dapat mempercepat perpindahan dari satu Aplikasi ke Aplikasi lainya.
  6. default (Samsung) – Default pengaturan oleh Samsung, pengaturan ini juga digunakan oleh LG, HTC, dan lain-lain
  7. default (Nexus S) – Default pengaturan yang digunakan oleh semua perangkat Google.
  8. default – Pilihan ini sama saja kembali ke pengaturan default Anda, yang Anda miliki sebelum Anda menginstal aplikasi ini.
  9. Set on boot – Menyimpan semua pengaturan Anda saat reboot
  10. lock launcher at memori – Mencegah restart launcher Anda
  11. Kill all applikasi – Membersihkan memori Anda
  12. VM Heap size – mengatur ukuran maksimal  yang dapat digunakan untuk data Aplikasi anda.
  13. Swap File – Meningkatkan kinerja tetapi dapat menurunkan kualitas kartu SD Anda. Pilihan inilah yang nantinya akan kita gunakan.
  14. Memori Info – Menampilkan informasi dari memori Anda
  15. Memory grafik – Menunjukkan memori bebas dan digunakan
Untuk men-download aplikasi ini ini dari play store, klik disini.
kecewa karena Aplikasi tersebut berbayar? tenang, saya sediakan yang gratis disini atau yang terbaru disini..

Jika telah mendownload dan menginstall aplikasi tersebut, Cara untuk men-Swap Ram anda adalah sebagai berikut :
  1. Buka Aplikasi Ram Manager Pro yang sudah anda download tadi
  2. Pilih Swap File kemudian atur berapa besar memori SD Card yang ingin anda gunakan. Saya memilih 256Mb agar kinerja memori saya tetap optimal.
  3. untuk opsi pendukung, atur VM Heap Size ke 128m. 
  4. Restart/reboot Android anda.
  5. Perlu diingat bahwa Ram pembantu yang duganakan ini bekerja dibelakang layar. jika anda meng-Chek ram anda dari pengaturan aplikasi, kondisi Ram anda tidak akan berubah. lihat di Memori Info Ram Manager Pro untuk mengetauhi berapa besar peran SD card anda membantu kinerja Ram anda.
    Tips Menambah Kapasitas Ram Android
kami sangat menyarankan untuk menggunakan memory class 10. Untuk memory dibawah class 10 sebaiknya jangan melakukan Swap ini. Itulah artikel mengenai Cara Menambah Kapasitas Ram Android, semoga dapat membantu anda yang mengalami kesulitan dalam mengoptimalkan Ram anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.